Breaking News
Loading...
28 Mar 2012

Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Bermesin Injeksi

3/28/2012 05:02:00 PM
Umumnya banyak masyarakat yang berpresepsi salah mengenai Sepeda Motor Bermesin Injeksi ( tentang cara kerja mesin injeksi lihat artikel sebelumnya  Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1  ). Ada yang bilang perawatanya susah, biaya perawatanya mahal, mesin cepat rusak dan lain-lain. Padahal Cara Merawat Sepeda Motor Bermesin Injeksi sangatlah mudah. Berikut akan saya berikan 5 langkah mudah merawat sepeda motor bermesin injeksi :

1. Cek selang saluran bahan bakar minimal setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer
Injektor berfungsi menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh peranti Electronic Control Unit (ECU).

Selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin, peranti ini juga sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor. Namun, ketepatan sistem kerja itu juga tergantung komponen lain, termasuk selang dan pompa bahan bakar.

Bila selang kotor atau bocor, maka kerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu, selang wajib diperiksa setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer.

2. Cek Pompa Bahan Bakar Bila sepeda motor telah lebih dari 50 ribu kilometer atau kelipatannya
Bila sepeda motor telah lebih dari 50 ribu kilometer atau kelipatannya, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pompa bahan bakar.

Mendeteksi gejala masalah di peranti ini cukup mudah. Caranya, hidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising, kemudian dengarkan di bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing.

"Jika terdengar ada suara mendesing, berarti filter fuel pump terganggu," terang Zainal.

Bila hal itu terjadi, maka Anda harus membersihkannya dan sekaligus menguras tangki bahan bakar. Melalui cara itu, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Pastikan Ketepatan Posisi Klep Injektor
Meski waktu dan tekanan ke klep diatur oleh ECU yang telah diprogram oleh pabrikan. Namun, tak jarang posisi klep mengalami perubahan karena berbagai penyebab.

Oleh karena itu, agar kerja injektor benar-benar tepat, maka pastikan klep berada posisi yang tepat. Artinya, tidak terlalu renggang dan juga tidak terlampau rapat.

Bila terlalu renggang maka asupan bahan bakar ke peranti itu berlebih dan sebaliknya bila terlalu rapat. Akibatnya, semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar juga tidak ideal seperti takaran dari pabrik.

Walhasil, proses pembakaran tidak sempurna dan tenaga mesin loyo atau motor boros bahan bakar. "Orang sering tidak menyadari bahwa akar masalahnya ada di klep ini. Karena percaya telah diatur ECU," tandas Zainal.

4. Periksa Rutin Busi dan Bersihkan Filter Udara
Busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar. Ketepatan pantikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.

Proses pembakaran yang tidak sempurna selain menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo. Oleh karena itu bersihkan busi, atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan kutub busi.
Begitu pun dengan filter udara. Bila kotor segera bersihkan, sedangkan bila sel-sel kertas telah sangat kotor atau rusak lebih baik segera menggantinya.

Pasalnya, filter yang rusak atau kotor menjadikan hembusan udara ke ruang bakar juga terhambat. Padahal, kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan bahan bakar

5. Rawat ECU Dengan Baik
ECU merupakan otak yang mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injektor. Sehingga, bila peranti ini terganggu maka kerja injektor juga tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Satu di antaranya, semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran.

Akibatnya, stasioner mesin juga tidak stabil. Bila tingkat kerusakan di ECU telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan alias mogok. Ada beberapa penyebab kerusakan ECU, di antaranya adalah gangguan kelistrikan karena over supply, voltase sumber kelistrikan rendah, korsleting dan lain-lain.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk secara rutin memeriksa kabel kelistrikan. Bila Anda melakukan modifikasi yang memerlukan tambahan asupan tenaga listrik, sebaiknya dipikir ulang efeknya ke sistem kelistrikan.

Pastikan keberadaan aksesoris tambahan itu tidak berpengaruh ke sistem kelistrikan dan mengganggu ECU
Sumber : http://www.iniunik.web.id

Dan berikut saya cantumkan Biaya perawatan motor injeksi selama setahun
Honda Supra X 125 PGM-FI
Komponen
Biaya (Rp)
Perawatan
4 kali @Rp 38.000
152.000
Penggantian komponen
Busi
12.000
Filter udara
30.000
Oli, 4 kali @Rp 22.000
88.000
Filter oli
35.000
Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Bermesin Injeksi,  Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

2 komentar:

  1. klo motor injeksi merk lain sprti yamaha misalnya, apakah juga sama perawatannya?

    BalasHapus
  2. Anda Pusing Mikirin Skripsi ? Kini anda tidak peru bingung dan Pusing lagi. dapatkan 500 Judul Skripsi Teknik Sipil secara gratis.

    Jika anda berminat silahkan kunjungi Blog kami dibawah ini. Di Zamin Skripsi anda akan tuntas dan selesai dengan cepat

    Baca Selengkapnya

    BalasHapus

Assalamu'alaikum visitor, Silahkan komentar...

 
Toggle Footer